Berita
Rabu, 10 Juni 2015
Kanal: Berita Pariwisata

Minyak Nilam Khas Pakpak Bharat

Nilam (Patchouli Oil) merupakan spesies tanaman berdaun. Secara alami Nilam tumbuh di kawasan hutan dengan ketinggian 200 – 800 meter dari permukaan laut yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun dan cukup cahaya matahari, dengan suhu berkisar antara 26 – 280C serta kelembapan mencapai 70-80%. Daerah di sekitar khatulistiwa dengan curah hujan 2500-3000 mm per tahun merupakan daerah yang sesuai dengan pertumbuhan nilam. Tanaman nilam juga dapat tumbuh pada hampir seluruh semua jenis tanah dengan Ph 4.8-5.5.

Minyak Nilam (Patchouli Oil) merupakan minyak atsiri yang diperoleh dari daun Nilam (Pogostemon Cablin Benth) dengan cara penyulingan. Daun Nilam memiliki kandungan saponin dan flovonoida disamping minyak atsiri.

Sentra produksi nilam di Indonesia yaitu Provinsi Nangroe Aceh Darussakam, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Minyak nilam adalah salah satu produk khas dari Pakpak Bharat, Sejak Tahun 2006 Kabupaten Pakpak Bharat telah mengembangkan nilam sehingga menjadikan kab. Pakpak Bharat sebagai salah satu sentra produksi nilam di Indonesia. Pangsa pasar minyak nilam Indonesia diperkirakan mencapai 80% dari ekspor minyak nilam di dunia, Hal ini memberi peluang besar bagi kabupaten Pakpak Bharat untuk bersaing dengan pasar minyak nilam di Indonesia.

Manfaat Nilam secara tradisional untuk masyarakat pakpak yaitu untuk Obat Luka Bakar dan Obat Luka baru tersayat. Manfaat nilam secara komersil/modern antara lain untuk bahan baku minyak wangi, bahan baku kosmetik, bahan baku farmasi/medis dan lain-lain.


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved