Berita
Kamis, 15 Juni 2017
Kanal: Berita Kominfo

BUPATI REMIGO TANDA TANGANI MOU DENGAN BUPATI BANYUWANGI

Kegiatan Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Pakpak Bharat ke Kabupaten Banyuwangi sekaligus melakukan Studi Tiru Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat pada Selasa (12/06), juga diambil kesempatan oleh Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dalam bidang Pengembangan dan Penerapan Aplikasi Elektronik Pendukung Administrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik, yang penandatanganan Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan langsung dengan Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si di Pendopo Bupati Banyuwangi bersamaan dengan kegiatan Buka Puasa Bersama dan Nuzul Quran tingkat Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Remigo menyatakan bahwa kerjasama ini dilakukan karena Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten terbaik di Indonesia, termasuk dalam penerapan aplikasi elektronik untuk pelayanan publik dalam menunjang gerak langkah pembangunan. “Sebagai sesama Pemerintah Daerah, kita saatnya mengembangkan kolaborasi sebagai suatu sistem untuk memajukan Indonesia mencapai kesejahteraan. Kompetisi kita minimalisir sehingga pemerataan kesejahteraan dan pembangunan akan terjadi di segala lini dan di semua tempat di Republik ini”, tuturnya.

Ketua DPRD Kab. Pakpak Bharat, Sonni P. Berutu, S.Th, yang turut menyaksikan penandatanganan tersebut juga mengapresiasi jalinan kerjasama ini. “DPRD selaku mitra pemerintah sangat mendukung upaya positif untuk mewujudkan kesejahteraan yang diidamkan, termasuk dalam hal pelayanan publik dan layanan administrasi pemerintahan berbasis teknologi informasi atau menggunakan aplikasi elektronik. Ini memang sesuai dengan kebutuhan kekinian dan tidak bisa ditunda lagi”, ujar Sonni.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Anas menyatakan sebagai suatu kehormatan bagi Kabupaten Banyuwangi karena disambangi oleh Kabupaten Pakpak Bharat dari Sumatera Utara. “Ini semacam take and give karena kita bisa saling menimba ilmu dan mengambil manfaat dari kedua belah pihak”, tambahnya.

Penandatanganan kerjasama ini juga bertujuan sebagai pedoman alih pengetahuan dan pengalaman best practices antar aparatur pemerintah atau city sharing, menciptakan sinergitas penyelenggaraan pembangunan, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki masing-masing daerah guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk ruang lingkup kesepakatan bersama ini mencakup pengembangan e-Government, pariwisata, pertanian dan bidang lain yang disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya Bupati Remigo beserta rombongan diterima di Kantor Bupati Banyuwangi sembari menyaksikan profil Kabupaten tersebut yang disampaikan Bupati Anas dan melakukan tukar-menukar cendera mata sekaligus menyaksikan lingkungan perkantoran dan pelaksanaan kinerja di Pemkab Banyuwangi pada masing-masing OPD. Dijadwalkan juga kunjungan ke beberapa lokasi yang menjadi daya tarik di Kabupaten Banyuwangi seperti salah satu pelaksanaan Festival Kabupaten, yaitu Festival Patrol serta Smart Kampung atau Desa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendorong kreativitas warganya dalam melakukan kegiatan ekonomi produktif, yaitu Desa Kampunganyar. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved